Bagian Dan Fungsi Penting Rekening Koran yang Perlu Kamu Ketahui

Bagian Dan Fungsi Penting Rekening Koran yang Perlu Kamu Ketahui

Jika Bisnis Anda memiliki akun rekening di suatu bank, Anda akan menerima rekening koran atau (Bank Statement) secara teratur, biasanya tiap bulan atau 3 bulan sekali. Rekening koran Anda dapat menjadi instrumen yang berguna untuk mengelola keuangan bisnis Anda karena berisikan berbagai informasi tentang transaksi pembelanjaan dan pemasukan bisnis Anda selama transaksi-transaksi tersebut  menggunakan rekening bank yang bersangkutan.



Bagian-Bagian dari Rekening Koran

Bagian Dan Fungsi Penting Rekening Koran yang Perlu Kamu Ketahui

Memahami bagian-bagian dari rekening koran sangat penting untuk mendapatkan manfaat penuh dari rekening koran bisnis Anda. Berikut adalah detail bagian dari rekening koran secara umum.



a. Informasi Bank

Informasi kontak lembaga keuangan Anda akan ada di rekening koran. Di dalam rekening koran mencantumkan nama bank, alamat, dan nomor telepon Customer Service bank yang bersangkutan. Dengan informasi bank ini, Anda bisa dengan mudah menghubungi bank jika terjadi perbedaan penyesuaian antara laporan keuangan bisnis Anda dengan rekening koran dari bank (Rekonsiliasi).

b. Informasi Bisnis

Di dalam rekening koran akan tercantum informasi mengenai perusahaan atau bisnis Anda. Seperti nama Anda sebagai pemilik bisnis, nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.

c. Informasi Akun

Sedangkan informasi akun menjelaskan mengenai informasi dasar tentang rekening bank Anda. Seperti nama pemilik rekening dan nomor rekening.

d. Tanggal Periode

Di dalam rekening koran akan tercantum tanggal periode setiap rekening koran diterbitkan. Misalnya, rekening koran yang terbit pada tanggal 1 November 2018 berisikan segala informasi transaksi periode Oktober 2018, dari 1 Oktober hingga 31 Oktober 2018.

e. Ringkasan Akun

Terdiri dari saldo akun di awal dan akhir periode, total penarikan, dan total deposito. Ringkasan akun biasanya terletak di dekat bagian atas halaman rekening koran.

f. Ringkasan Transaksi

Sedangkan pada ringkasan transaksi akan terlihat paling menonjol dalam rekening koran. Ringkasan transaksi berisikan daftar setiap transaksi yang terjadi selama satu periode yang diurutkan secara kronologis. Untuk setiap transaksi yang terjadi akan tercantum tanggal, deskripsi, jumlah nominal transaksi yang terjadi, dan saldo akun setelah transaksi.

Fungsi Penting Rekening Koran

Fungsi Penting Rekening Koran yang Perlu Anda Ketahui

Setelah Anda memahami bagian-bagian dari rekening koran secara mendetail, Anda juga harus mengetahui fungsi-fungsi dari rekening koran. Berikut empat fungsi dari rekening koran secara umum bagi perusahaan atau bisnis Anda.

a. Mencatat Segala Pengeluaran

Rekening koran Anda menyediakan catatan mengenai semua pengeluaran Anda terutama jika Anda menggunakan cek, kartu debit, atau kartu kredit sebagai metode pembayaran pilihan Anda. Rekening koran memberi informasi ke mana dan buat apa saja uang yang Anda keluarkan. Jika Anda ingin membuat anggaran tetapi tidak tahu berapa banyak uang yang dialokasikan ke dalam setiap kategori biaya, rekening koran Anda bisa menjadi sumber acuan yang tepat.

b. Aktivitas Akun

Rekening koran juga memberi tahu Anda berapa banyak uang yang Anda miliki di rekening bank pada awal hingga akhir akuntansi, berapa banyak yang Anda simpan dan berapa banyak yang Anda keluarkan. Rekening koran juga menyebutkan jenis bunga apa pun yang dikreditkan ke akun Anda.

c. Rekonsiliasi Akun

Salah satu fungsi utama dari rekening koran Anda adalah menyediakan sarana untuk merekonsiliasi laporan keuangan Anda. Proses ini membandingkan jumlah nominal rekening bank di laporan keuangan Anda dengan laporan langsung dari bank untuk memastikan kecocokannya. Penting untuk merekonsiliasi rekening koran Anda karena jika di suatu kondisi Anda mengira bahwa jumlah kas di bank menurut laporan keuangan Anda menunjukkan nominal yang besar, padahal tidak menurut kas di saldo riil bank Anda,  maka Anda bisa secara ceroboh membelanjakannya dan akan berakibat lebih runyam ke depannya. Merekonsiliasi rekening koran Anda juga akan mengungkapkan biaya tak terduga atau pengeluaran tidak valid dalam akun kas di bank Anda. Lebih lanjut mengenai pengeluaran tidak valid akan dijelaskan di poin berikutnya.

d. Pengeluaran yang Tidak Valid

Laporan mutasi bank yang terjadi di rekening tabungan, rekening giro, atau rekening kartu kredit Anda mungkin digabungkan pada satu rekening koran atau dilaporkan secara individual. Pengeluaran tidak valid bisa terjadi ketika salah satu akun Anda disusupi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Misalnya, seseorang telah mendapatkan akses ke kartu kredit. Anda akan menyadarinya ketika Anda melihat tagihan tidak valid, yang dirasa, tidak pernah melakukan pengeluaran apapun di suatu periode, di hasil rekonsiliasi antara laporan keuangan Anda dengan rekening koran dari bank. Anda dapat meminimalisasi risiko tersebut dengan sesegera mungkin melaporkan pengeluaran tidak valid ini ke pihak bank.

Poin pentingnya, rekening koran sangat berguna untuk kualitas laporan keuangan Anda. Saldo kas di bank dalam laporan keuangan Anda akan semakin andal dan valid dengan adanya rekonsiliasi bank berdasarkan rekening koran. Namun untuk urusan pengelolaan laporan keuangan, Anda harus menggunakan instrumen yang tepat dan andal pula. Jurnal mungkin bisa menjadi jawabannya. Jurnal adalah software akuntansi online yang memberikan segala macam fitur-fitur terkait pencatatan dan pelaporan keuangan Anda. Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan data ringkasan rekonsiliasi bank yang terintegrasi dengan rekening koran elektronik pada bank terkait.