7 Tips Sukses Bisnis Katering Pernikahan

7 Tips Sukses Bisnis Katering Pernikahan

Mempunyai hobi dan pintar dalam hal memasak, kenapa tak dimanfaatkan untuk berbisnis pernikahan saja? Selain dapat menyalurkan hobi memasak, Anda juga dapat mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Bahkan, bisnis katering pernikahan ini dapat mendapatkan omzet hingga puluhan juta sampai ratusan juta rupiah setiap bulannya.



Beberapa tahun terakhir, bisnis katering pernikahan menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Karena, hal ini juga seiringnya dengan banyak wedding organizer yang bermunculan yang menawarkan paket lengkap mulai dari dekor sampai katering, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam merencanakan pernikahan.

Berbicara mengenai bisnis katering pernikahan, siapapun dapat mencobanya, termasuk kalangan anak muda sekalipun. Yang terpenting adalah kemampuan dalam meracik bumbu dan bahan makanan sehingga mampu menyajikan hidangan yang lezat.



Agar bisnis katering pernikahan anda cepat maju dan berkembang, berikut adalah tujuh tips sukses yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Tips Memulai Bisnis Katering Pernikahan

Bisnis Katering Pernikahan
Ilustrasi: Katering Pernikahan

1. Mengetahui Segmen Pasar

Sama halnya seperti bisnis lainnya, bisnis katering pernikahan juga harus menyesuaikan dengan segmentasi pasar. Tentukan siapa saja yang menjadi sasaran pasar, apakah konsumen kalangan bawah, menengah atau kalangan atas. Cara ini akan membantu anda saat menentukan menu andalan, menentukan harga hingga melakukan promosi. Jika perlu luangkan sedikit waktu untuk mengamati pasar dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan hasil riset yang baik dan akurat.

2. Mempunyai Menu Andalan

Setiap katering tentunya mempunyai banyak menu yang akan dipilih konsumen untuk dihidangkan saat pesta pernikahan berlangsung. Namun, tidak ada salahnya jika anda sebagai pemilik katering menyarankan hidangan menu andalan yang berbeda dari pesaing lainnya. Misalnya saja, menu yang sesuai dengan tema pernikahan, bila tema pernikahan tradisional maka menunya juga tradisional, sedangkan tema modern maka menu juga modern.

Dalam hal ini, pastikan juga cita rasa dari menu andalan harus spesial dan berbeda dari menu yang lainnya. Telitilah ketika meracik bumbu masak yang pas, gurih dan lezat sehingga konsumen merasa puas dengan rasa menu yang dihidangkan.

3. Menentukan Harga Katering

Walapun sasaran pasar adalah kalangan menengah ke atas, bukan berarti Anda bisa dengan bebas menetapkan harga tinggi untuk meraup keuntungan yang banyak. Sebagai konsumen, mereka juga bakal mempertimbangkan harga yang ditawarkan dengan menu masakan, kualitas dan cita rasa dari masakan. Untuk itu, lakukan perhitungan yang teliti sehingga harga yang ditentukan sesuai dengan pasar.

Mencari pemasok bahan makanan yang menawarkan harga yang cukup terjangkau juga perlu dilakukan, tetapi tetap dengan kualitas bahan makanan yang terbaik ya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk bisnis katering Anda. Lakukanlah riset untuk memilih pemasok agar mempermudah anda dalam menyetok bahan makanan.

4. Terus Tingkatkan Kualitas dan Cita Rasa Makanan

Apabila masakan katering anda mempunyi cita rasa yang khas, Anda akan semakin mudah untuk memenangkan persaingan pasar. Secara logika, orang yang akan mencicipi hasil masakan Anda bukan hanya satu dua orang saja, tetapi puluhan, ratusan bahkan ribuan orang.

Jika cita rasa masakan kurang enak, cobalah untuk terus berlatih untuk meningkatkan cita rasa produk anda. Banyaklah membaca buku resep dan menonton video tutorial untuk menambah ilmu anda. Jangan ragu juga meminta kritik dan saran soal rasa masakan kepada orang-orang di sekitar seperti saudara atau tetangga, sehingga bisa memperbaiki dan menambahkan bumbu yang kurang pada masakan.

5. Lakukan Promosi yang Tepat Sasaran

Promosi merupakan hal yang penting untuk dilakukan pada sebuah bisnis. Sebab, dengan cara ini bisnis yang anda jalankan bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

Sama seperti dengan bisnis katering pernikahan. Jangan lupa lakukan promosi katering di waktu yang yang pas agar promosi tidak terkesan sia-sia. Misalnya promosi di media sosial, ikuti pameran wedding dan sebagainya. Semakin banyak orang yang melihat promosi anda, semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan pelanggan.

6. Curi Ilmu dari Orang yang Berpengalaman

Tidak sedikit orang yang sudah lebih dahulu menjalankan bisnis katering pernikahan seperti anda. Biasanya pebisnis katering tersebut bakal berbagi pengalamannya selama terjun di dunia bisnis katering pernikahan pada seminar, pelatihan dan workshop. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mencuri ilmu yang mereka berikan, sehingga bisa dijadikan sebuah pembelajaran yang berharga untuk memajukan bisnis katering anda.

7. Pertimbangkan Paket Katering yang Menarik

Banyak pebisnis katering memberlakukan adanya menu paket kepada konsumen mereka. Paket ini berisi menu makanan, minuman, dessert dan snack yang ditawarkan dengan harga yang cukup beragam. Anda juga dapat melakukan hal yang sama pada bisnis katering pernikahan yang sedang anda jalankan.

Adanya paket katering dipercaya bisa menekan biaya, baik biaya yang dikeluarkan oleh penjual atapun pembeli. Cobalah untuk memadukan menu masakan yang sekiranya sesuai dan saling melengkapi antara yang satu dengan yang lain agar cita rasanya sejalan.

Bukan cuma itu saja, dengan menghadirkan menu paketan ini juga akan memudahkan konsumen dalam pemilihan menu, sehingga bisa menghemat waktu.

Jangan Takut untuk Memulai

Bisnis katering pernikahan membutuhkan modal yang cukup besar. Tetapi ingat, jangan takut untuk memulai ya. Modal sebesar apapun yang dikeluarkan pasti bakal kembali dalam waktu cepat asalkan anda menjalankan bisnis katering dengan sungguh-sungguh, dan berkerja keras, pengorbanan dan pantang menyerah. Dengan begitu, dijamin bisnis katering anda bisa sukses dikemudian hari

BACA JUGA:  Cara Cepat Kaya Mendadak Menjadi Jutawan Bahkan Miliarder