10 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal, Anda Harus Coba!

10 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal, Anda Harus Coba!

Seiring dengan berkembangnya teknologi serta kemajuan internet di Indonesia, membuat pertumbuhan ekonomi pun meningkat. Pasalnya perkembangan teknologi tersebut membuka lahan pekerjaan baru terutama meningkatnya para pengusaha di Indonesia.



Menjamurnya bisnis online menjadikan bukti bahwa kemajuan teknologi di negeri ini sangat diterima dan memudahkan orang untuk berbisnis. Dari bisnis online ini, muncul pula sebuah bidang ecommerce yang memfasilitasi para pengusaha bisnis online untuk memasarkan produk-produknya.

Banyaknya peminat bisnis online juga dkarenakan modal bisnis yang dikeluarkan tidak perlu besar, . Bahkan ada pula yang menjualnya tanpa modal. Tentu hal ini menjadi daya tarik sendiri karena seseorang yang memiliki smartphone dan koneks internet bisa mendaptkan penghasilan.



Bisnis ini semakin lama semakin diminati terlebih di tahun 2019 nanti. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba membuka bisnis online tanpa modal berikut akan kami paparkan mengenai jenis-jenis ide bisnis online yang bisa Anda jalankan dengan baik. Dan Inilah pemaparannya!

Mengenal Jenis-Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

1. Membuka Jasa Penulisan untuk Blog atau Website

Apakah Anda memiliki hobi menulis? Jika iya, hobi tersebut di zaman ini bisa dijadikan lahan bisnis yang begitu menggiurkan. Banyaknya bermunculan blog, website, dan media sosial di sebuah perusahaan menjadikan mereka meng-hire penulis dalam pengelolaannya.

Para penulis ini biasanya akan diberikan job untuk menulis yang sesuai dengan niche atau konten yang digeluti sebuah perusahaan. Dengan pengelolaan yang bagus dan artikel original maka akan mendatangkan traffic ke website atau blog tersebut.

Bila Anda bingung memulainya dari mana, bisa mendaftarkan ke sebuah website yang menjadi fasilitator untuk menghubungkan Anda dengan para pencari penulis. Website yang bisa Anda kunjungi seperti sribulancer.com, projects.co.id, atau bisa pula mendaftar menjadi penulis di penulispro.com, kontenesia.com, dan lain sebagainya.

Harga yang dibanderol untuk satu tulisan pun beragam, tergantung jumlah kata yang dibuat dan tingkat kesulitannnya. Dan yang pasti, membuka usaha ini tidak perlu modal yang besar serta bisa dikerjakan kapan pun dan dimana pun.

2. Membuat Logo atau Design

Sama halnya dengan seorang penulis, bagi Anda yang hobi menggambar atau senang bergelut di dunia design hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka sebuah bisnis hampir tanpa modal.

Tentunya yang perlu disiapkan adalah laptop atau pc yang mendukung aktivitas design tersebut. Bisnis online ini tergolong menjanjikan, karena hampir semua perusahaan membutuhkan seorang designer untuk membuat gambar-gambar menarik sebagai penunjang kebutuhan memasarkan produk.

BACA JUGA:  7 Tips Sukses Bisnis Katering Pernikahan

Terlebih untuk Anda yang mahir dalam pembuatan logo pun karena logo merupakan identitas sebuah perusahaan agar semua orang bisa mengingatnya dengan baik.

Cara mempromosikan keahlian Anda pun sangat mudah, bisa melalui media sosial dengan menampilkan contoh-contoh hasil karya. Selain itu bisa pula mendaftarkan diri di websiter sribulancer.com atau projects.co.id untuk mendapatkan klien.

3. Menjual Produk Orang Lain

Bisnis online berikutnya yang bisa Anda jalankan adalah dengan menjadi seorang reseller, dropshiper, atau affiliate. Membuka bisnis tersebut bisa dilakukan dengan modal minim atau ada pula yang menjual tanpa modal.

Ada banyak keuntungan yang dirasakan apabila menjual produk orang lain, yaitu tidak perlu memirikan tentang pengadaan barang serta pengiriman bisa dilakukan oleh pihak pertama.

Lambat laun seiring dengan berkembangnya internet di Indonesia, membuat jenis bisnis online makin diminati. Bahkan para produsen berlomba-lomba memberikan rewards menarik untuk para reseller maupun dropshipernya.

Bila Anda tertarik untuk menjadi reseller yang perlu diperhatikan adalah tentang profil perusahaan atau toko online tersebut. Kemudian perhatikan pula sistem pembagian hasil yang diterapkannya.

Dan yang terpenting adalah ikuti aturan ‘main” dari perusahaan atau toko tersebut bila Anda tertarik menjadi resellernya. Karena dengan mengikuti prosedur yang ada maka memudahkan Anda untuk bertransaksi.

Menjual produk orang lain tidak harus dalam bentuk fisik bisa pula menjual produk digital, seperti ebook, membership, video, dan lain sebagainya. Aktivitas tersebut dikenal dengan nama afiliasi dimana Anda akan mendapatkan keuntungan dari menjual produk digital tersebut.

4. Membuat Jasa Pembuatan Webiste atau Blog

Di era ini, website atau blog merupakan ciri formal yang harus dimiliki oleh para pebisnis online ataupun perusahaan. Dari website atau blog tersebut bisa terlihat profil, visi-misi, kegiatan, maupun katalog produk dari sebuah perusahaan. Dengan adanya website atau blog menjadikan perusahaan tersebut terpercaya dan layak untuk bersaing dikancah bisnis online.

Bila Anda memiiki keahlian dalam menyusun kode-kode website, maka tidak ada salahnya keahlian tersebut dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan di era teknologi ini. Anda bisa membuka jasa pembuatan website atau blog yang Anda jual pada perusahaan atau para pebisnis online.

Bisnis ini sangat diminati dan dicari karena semua orang terutama yang bergerak di bidang online sudah mulai menggunakan website sebagai sarana untuk promosi yang efektif. Bila Anda ingin membuka jasa pembuatan website jangan lupa untuk bekerja sama dengan penyedia domain dan hosting agar alamat website Anda bisa dikenal dengan luas.

Menjadi Seorang Youtuber Profesional

Saat ini mulai bermunculan para youtuber baru baik dari dalam maupun luar negeri. Dari profesinya menjadi seorang youtuber, penghasilan yang didapat pun begitu fantastis hingga ratusan juta hingga miliaran rupiah perbulannya.

BACA JUGA:  Tren Peluang Bisnis Online 2018 yang Bisa Anda Mulai dari Sekarang

Penghasilan yang didapat oleh youtuber ini berasal dari program PPC (Pay Per Click) google adsense, review produk, space iklan, dan lain sebagainya.

Di awal Anda membangun bisnis ini mungkin terasa sulit karena harus membangun konten yang bagus dan sesuai target. Belum lagi harus mempromosikan channel youtube Anda sehingga banyaknya subscriber yang mengikuti channel Anda.

Namun, seiring dengan berjalannya apabila Anda sudah terbiasa membuat konten maka akan mudah untuk dilakukan. Dan melakukan bisnis ini tentunya hampir tanpa mengeluarkan modal. Hanya dituntut untuk membuat video dengan kreatif dan berkualitas.

Bila Anda belum memiliki gambaran untuk membuat konten di youtube, sebaiknya bisa mengikuti terlebih dahulu konten-konten yang telah dilakukan oleh para youtuber di dalam maupun luar negeri.

Modal yang digunakan untuk membuat video-video terbaik pun bisa dilakukan menggunakan smartphone. Atau jika Anda memiliki video akan lebih baik karena kualitas yang dihasilkan akan berbeda.

6. Menjadi Seorang Blogger Profesional

Walaupun saat ini yang populer adalah sebagai youtuber, namun profesi sebagai blogger pun tetap dicari dan masih banyak yang melakukannya. Para blogger ini biasanya memiliki blog atau website sendiri yang dibuat sesuai niche atau keyword yang populer.

Selain menulis pengalamannya mengunjungi tempat, kuliner, dan lain sebagainya, para blogger ini akan mereview sebuah produk atau tempat. Biasanya review tersebut atas dasar permintaan dari pihak perusahaan atau pengusaha lainnya.

Bila nama dan blog Anda sudah cukup terkenal dikancah dunia maya, maka tarif harga untuk mereview sendiri bisa didapat dengan cukup fantastis tergantung kesepakatan Anda bersama perusahaan tersebut.

Tak jarang pula para blogger akan mengikuti sebuah lomba dimana hadiah yang didapat sangat menggiurkan. Yaitu, mengunjungi tempat-tempat menarik hingga mendapatkan produk-produk yang terbaik.

Tentu saja untuk menjadi seorang blogger ini hanya bermodalkan laptop atau pc yang terhubung dengan koneksi internet.

7. Jasa Menaikkan Follower

Saat ini media sosial adalah jembatan untuk menghubungkan penjual dan pembeli, artis dan fansnya, serta pemimpin dengan rakyatanya. Terutama untuk seorang pebisnis online, bila akun yang dikelola bagus dari segi follower maka tingkat kepercayaannya terhadap akun tersebut semakin tinggi.

Karena itulah, penambahan followers di sosial media ini bisa Anda jadikan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Selain jasa followers ada pula jasa untuk like dan comment sehingga postingan bisa naik ataupun bisa populer.

Membuka usaha ini, bisa tanpa modal tetapi harus dimiliki keahliann yang memadai untuk bisa menaikkan followers tersebut.

BACA JUGA:  Tren Peluang Bisnis Online 2018 yang Bisa Anda Mulai dari Sekarang

8. Bisnis Makelar Online

Bisnis makelar online maksudanya adalah lebih menjadi perantara seorang penjual produk atau jasa ke calon pembeli. Biasanya bisnis yang dimaksud seperti property, rumah, mobil, motor grosir kain atau kaos, menjual website dan lain sebagainya.

Membuka bisnis ini meman tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Namun yang diperlukan ada jaringan relasi yang luas. Seorang makelar pun harus memiliki kemampuan untuk mempelajari latar belakang penjual maupun pembeli karena hal ini menyangkut selera dan juga chemsitry.

Selain itu, seorang makelar pun harus memperhatikan tentang penentuan tarif yang diberikan. Jangan sampai keuntungan yang Anda dapat terlalu besar maupun sedikit.

Para makelar ini biasanya juga memiliki website resmi tersendiri seperti carmudi.com, olx.co.id, rumah123.com, dan lain sebagainya.

9. Bisnis PPOB

Seperti yang diketahui bersama, bisnis PPOB ini menyangkut penjualan pulsa, tiketing, ataupun pembayaran cicilan. Nah, siapa sangka bisnis tersebut saat sudah mulai berkembang dengan baik seiring dengan pengguna internet yang menjamur.

Terlebih gaya hidup orang-orang di zaman ini sudah ingin praktis dan modern. Maka kehadiran PPOB sangat membantu mereka dalam segala hal. Bisnis PPOB pun sudah mulai dilakukan secara MLM sehingga kemungkinan sukses dari bisnis ini bisa semakin cepat.

Begitu sangat menguntungkannya bisnis ini, beberapa marketplace di Indonesia pun ikut mengambil bagian penyedia jasa PPOB tersebut.

Untuk Anda yang ingin membuka bisnis serupa, hanya dengan bermodal smartphone, aplikasi PPOB, dan jaringan internet sudah bisa memulai bisnisnya.

10. Bisnis Online dalam Bidang Jasa

Jangan khawatir untuk tidak mendapatkan pekerjaan di zaman modern ini. Asalkan ada kemauan, kreativitas, dan keahlian yang dimiliki semuanya bisa dilakukan. Contohnya bila Anda seorang pebisnis yang handal dan sudah diakui kehebatannya, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa konsultasi.

Selain konsultasi bisnis, Anda pun bisa membuka jasa pengobatan, terapi batin atau jiwa, konsultan asmara, dan lain sebagainya. Untuk membuka jasa ini diperlukan personal branding yang kuat karena nama dan diri Anda yang dipertaruhkan.

Selain jasa konsultasi, yang bisa Anda lakukan adalah membuka jasa MC, jasa melatih vokal, dan lain sebagainya. Tentunya untuk membuka bisnis ini hanya diperlukan skill yang memadai serta kepercayaan diri yang tinggi untuk melakukannya.

Penutup

Dari ke 10 jenis bisnis di atas, adakah bisnis yang sesuai dengan keahlian atau minat Anda? Semoga informasi di atas bermanfaat. Jangan menyerah sebelum Anda mencobanya. Apabila gagal di suatu bisnis pelajari kembali kelemahan dan kelebihan Anda. Boleh jadi rezeki Anda ada di bisnis lain yang tidak disangka-sangka. Semoga sukses!