Miris, Inilah 5 Negara Paling Berbahaya Untuk Wanita, Indonesia Masuk Gak Ya?

Miris, Inilah 5 Negara Paling Berbahaya Untuk Wanita, Indonesia Masuk Gak Ya?

Willyodeng.com – Setiap negara mempunyai sisi gelapnya masing-masing, termasuk Indonesia. Tindakan kriminal selalu aja terjadi di setiap wilayah. Tapi, angka masing-masing kejahatan berbeda. Lalu, apakah ini menjadi salah satu bukti suatu kota atau negara itu nggak aman?



Setiap tahunnya, The Thomson Reuters Foundation melakukan survey yang melibatkan 550 orang ahli masalah perempuan. Tahun lalu, Jakarta termasuk sebagai kota paling berbahaya untuk wanita. Untuk survei tahun ini, yang dinilai adalah 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Penilaian itu berdasarkan isu ekonomi, kesehatan, tradisi, human trafficking, serta tindak kekerasan seksual dan non-seksual yang memengaruhi kaum wanita.



Dan inilah 8 yang negara paling berbahaya untuk perempuan. Yuk simak!

1. India

Negara paling berbahaya

India dianggap sebagai negara paling berbahaya di dunia bagi wanita. Dari enam isu, India menduduki peringkat pertama dalam masalah tradisi, kekerasan seksual, dan human trafficking.

Kejadian paling parah adalah adanya kasus pembunuhan disertai pemerkosaan mahasiswa dalam sebuah bus di New Delhi, India. Kejadian yang terjadi pada tahun 2012 itu menyebabkan aksi protes secara nasional dan internasional. Bahkan, New Delhi sendiri dianggap sebagai “ibu kota pemerkosaan” di dunia.

2. Afghanistan

Negara paling berbahaya

Masalah diskriminasi yang terjadi di Afghanistan sangat besar, meski PBB sudab memberikan program United Nations Development Programme’s 2015 Global Gender Inequality Index. 

PBB beranggapan Afghanistan telah berulang kali gagal untuk mengadili tindak kriminal terhadap wanita yang sering dikurung di rumah atau dianggap sebagai budak. Selain masalah itu, Afghanistan juga dinilai buruk untuk hal kesehatan bagi perempuan.

3. Somalia

Untuk wanita

Sangat buruknya perekonomian di Somalia adahal hal yang memicu banyaknya masalah terhadap wanita di sini. Menurut PBB, ada sekitar 6,2 juta orang di sana yang membutuhkan bantuan darurat, seperti makanan, air, dan tempat tinggal. Mirisnya lagi, wanita di Somalia sangat sering dilecehkan.

BACA JUGA:  Hati-Hati Dampak Media Sosial pada Anak dan Remaja
4. Suriah

Palinh berbahaya untuk wanita

Tanpa adanya survei ini, saat ini wisatawan pasti enggan untuk berpergian ke Suriah.

Setelah tujuh tahun perang saudara, sangat banyak korban materi dan jiwa yang berjatuhan.

Total ada sekitar 510 ribu orang meninggal dunia, sedangkan korban selamat harus hidup sebagai pengungsi di negara tentangga atau rumah mereka sendiri.

Akses kesehatan di Suriah dinilai paling buruk ke-2 di dunia. Apalagi dengan masa perang tersebut, kekerasan dan pelecehan terhadap wanita makin meningkat.

5. Arab Saudi

Negara paling berbahaya

Arab Saudi memiliki banyak sekali peraturan yang cukup memberatkan kaum wanita.

Misalnya seperti larangan untuk mengemudikan kendaraan di beberapa tempat, kebijakan ini telah dihapuskan.

Walaupun berlandaskan agama, fakta yang ada justru terasa semacam diskriminasi yang memberatkan kaum hawa.

Kasus yang masih diperdebatkan adalah dibutuhkan izin dari keluarga laki-laki untuk bekerja, berpergian, bahkan untuk mendapatkan perawatan medis. Miris ya.

Nah, itulah tadi 5 negara paling berbahaya untuk wanita menurut survei The Thomson Reuters Foundation 2018.

Beruntung Indonesia udah nggak ada di daftar ini. Hal ini memang membuktikan kalau Indonesia itu negara yang aman, setuju gak?