Terhubung dengan kami

Gadget

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 Star

diterbitkan

pada

Bagikan Artikel Ini?
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+

Willyodeng.com – Karena masih pada jajaran keluarga seri A8, sudah dipastikan bahwa Samsung Galaxy A8 Star memiliki spesifikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A6. HP ini malah memiliki spesifikasi yang lebih mendekati HP flagship Samsung dibandingkan seri A8 lainnya.


Fitur-fitur yang memang hadir di HP kelas atas, seperti bahan dasar terbuat dari metal dan kaca, kehadiran NFC, serta kamera yang lebih baik. Untuk lebih detail seperti apa HP ini, sebaiknya mari simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 Star ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Star

  • Rilis: Juni 2018
  • Layar: Super AMOLED 6.3 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660
  • CPU: Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB (hybrid slot)
  • Kamera Belakang: Dual 24 MP, f/1.7 + 16 MP, f/1.7, PDAF
  • Kamera Depan: 24 MP, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3700 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy A8 Star

1. Layar Infinity Display

Samsung Galaxy A8 Star memiliki layar yang baik. Ya, layar smartphone Samsung memang tidak mengecewakan karena umumnya sudah menggunakan Super AMOLED. SobatHape juga menyatakan kalau layar 6,3 inci full HD+ pada HP ini kinclong. ObatGaptek juga menyatakan kalau HP ini memiliki layar yang mantap dan feel layar HP ini mirip dengan Galaxy Note 8 yang memiliki dimensi layar yang serupa.

Sammobile juga menyatakan layar pada HP ini memang tergolong bagus. Layarnya mampu menampilkan visual warna hitam yang pekat, tampilan warna yang cerah, serta memiliki sudut pandang yang baik. Rasanya tidak perlu diragukan lagi soal tampilan layar di HP Samsung yang sudah mengusung konsep Infinity display Super AMOLED.

2. Kualitas Kamera yang Baik

Samsung Galaxy A8 Star hadir dengan kamera ganda di bagian belakang, yakni 24 MP, f/1.7 + 16 MP, f/1.7. Kamera ganda ini memiliki fungsi yang berbeda dengan dua kamera pada HP lainnya. Biasanya, kamera kedua di bagian belakang bertujuan untuk menangkap latar dan memberi efek blur. Kedua kamera di belakang HP ini justru memberikan fungsi foto yang berbeda.

Hasil foto yang maksimal ini berkat dua kamera di HP ini yang bekerja dengan cara unik. Ketika digunakan di kondisi cahaya yang cukup, HP ini akan menggunakan kamera 16 MP, sementara ketika di kondisi kurang cahaya, yang digunakan adalah kamera 24 MP.

Kamera 24 MP ini memiliki teknologi yang disebut Samsung sebagai Tetracell Technology. Teknologi ini secara teori menggabungkan empat dot piksel yang digabungkan sehingga memberi efek cahaya yang berlebih saat memotret.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Ini Bisa Cegah Pacar Kamu Selingkuh loh

Lantas, apakah setup dua kamera ini tidak memberikan efek bokeh? Hanya karena kamera kedua tidak memiliki fungsi untuk efek blur, bukan berarti kamera belakang HP ini tidak memberikan efek bokeh. HP ini justru memiliki kemampuan menangakp foto dengan bokeh yang baik dan disebut sebagai fitur Live Focus.

Berkat setup dual kamera dan teknologi tersebut, kamera belakang Samsung Galaxy A8 Star termasuk jempolan. ObatGaptek malah bilang kalau kualitas kameranya berada di tengah-tengah HP Samsung kelas menengah dan HP Samsung kelas atas.

Untuk rekaman video, HP ini memiliki dukungan untuk merekam video sampai 2160p 30 fps. Sayangnya, tidak ada fitur OIS maupun EIS di HP ini. Samsung punya fitur stabilizer bawaan sendiri, hanya saja kalau menurut ObatGaptek kualitas fitur ini tidak memberi dampak kestabilan pada video. Meskipun demikian, kamera belakang HP ini memiliki kemampuan untuk merekam video slow-motion. 

HP ini tidak hanya memiliki kamera belakang yang punya kualitas gambar  baik. Kamera depan HP ini juga mampu memberikan hasil foto yang baik. Dengan mengusung sensor 24 MP dengan bukaan f/2.0 serta teknologi Tetracell, HP ini mampu menangkap foto baik.

SobatHape malah bilang kalau kamera depan HP ini mampu menangkap foto selfie dengan detail. ObatGaptek malah bilang, selfie HP ini lebih baik dibandingkan HP kelas menengah lain yang sering mengkalim dirinya sebagai HP selfie terbaik.

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

Ciri khas HP Samsung dengan layar AMOLED biasanya adalah efisiensi konsumsi dayanya. Efisiensi ini tentu memberi efek positif pada daya tahan baterai yang lebih panjang, termasuk untuk HP Samsung Galaxy A8 Star ini. Dengan kapasitas 3.700 mAh, HP ini ternyata bisa memberikan daya tahan baterai yang cukup lama.

Sammobile mengatakan kalau daya tahan baterai ini sangat baik. Dengan penggunaan internet menggunakan data seluler 4 sampai 5 jam, HP ini mampu bertahan sampai 22 jam dengan screen-on-time 6,5 jam.

SobatHape juga mengatakan kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik. Daya tahannya bisa mencapai lebih dari satu hari sehingga untuk pengisian daya bisa dilakukan keesokan harinya. Oh yah, ngomong-ngomong soal pengisian daya alias charging, HP ini mendukung pengisican cepat. Sayangnya, durasi pengisian baterainya cukup lama, bisa di atas 2 jam lebih.

4. Performa Cukup Solid

Samsung Galaxy A8 Star hadir dengan chipset Snapdragon 660. Di dalam chipset ini terdapat prosesor octa core yang terbagi ke dalam dua cluster, quad core Kryo 260 2,2 GHz dan quad core Kryo 260 1,8 GHz. Prosesornya ditandemkan dengan pengolah grafis Adreno 512.

BACA JUGA:  5 Gadget Kuat Ini Cocok Banget Buat Kamu Yang Suka Aktivitas Ekstrem

Dapur pacu tersebut memang sering digunakan di HP kelas menengah yang fokus pada performa tinggi. Karena itu, tidak berlebihan jika menyebut HP ini memiliki performa yang oke dan solid. Terlebih, berkat dukungan RAM 4 GB yang menurut SobatHape bisa memberikan pengaruh multitasking yang enak ketika menggunakan banyak aplikasi bersamaan. Cek saja nilai Antutu HP ini di gambar berikut yang skornya cukup tinggi.

Menurut ObatGaptek, memainkan gim seperti Mobile Legens dan Infinity Ops, nyaman dimainkan dengan grafis tertinggi. Khusus untuk gim PUBG Mobile, HP ini bisa memainkan PUBG Mobile dengan grafis HD dengan framerates hight. Hanya saja, akan lebih nyaman dan lancar ketika memainkan PUBG Mobile di grafis balance dengan framerates medium saja.

Berdasarkan performa yang ditawarkan HP ini, jelas kalau Samsung Galaxy A8 Star adalah HP yang memiliki performa oke dan solid. Satu kelebihan tersendiri tentunya dari HP ini.

5. Bixby dan UI yang Kaya Fitur

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy A8 Star adalah soal fitur yang ada di Samsung Experience 9.0 UX. Samsung Experience 9.0 UX ini adalah kostumisasi dari Samsung berdasarkan sistem operasi Android Oreo.

Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah fitur AR sticker di kamera layaknya fitur AR yang ada di HP Samsung Galaxy S9 series. Fitur lainnya adalah dua aplikasi chat dan medsos, secure folder, Samsung Health, dan yang menarik tentu saja multi-windows yang memungkinkan menonton Youtube sembari melakukan chating dengan orang.

Hanya itu? Tentu saja tidak. Ada fitur yang paling keren di HP ini yakni Bixby. Bixby ini adalah smart asisstant yang umumnya digunakan di HP kelas atas Samsung. Fitur ini diturunkan di Samsung Galaxy A8 Star.

Ada Bixby Voice yang bakal membantu pertanyaan untuk dijawab dengan mudah. Ada juga Bixby Vision yang bermanfaat untuk menemukan tempat menarik di sekitar dan mengekstrak tulisan dan langsung diterjemahkan jika tulisan tersebut dalam bahasa asing.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 (2018)

1. Desain Biasa Saja dan Permukaannya Licin

Samsung Galaxy A8 Star hadir dengan material logam dan kaca di bagian depan dan belakang. Bahan bodi ini membuat HP ini terasa premium. Hanya saja, penggunaaan kaca ini membuat Samsung Galaxy A8 Star terasa lebih lincin saat digenggam.

Hal yang disayangkan lainnya adalah konsep fullview terasa kurang maksimal berkat bezel HP ini yang masih agak tebal. Desain bodi HP ini juga terkesan biasa dan kurang begitu istimewa. Bukan buruk memang, tetapi cenderung biasa yang membuat tampilan desainnya tidak terasa menarik.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Ini Bisa Cegah Pacar Kamu Selingkuh loh

2. SIM hybrid

Hal yang memang disayangkan dari HP ini adalah fakta kalau HP ini mengusung slot hybrid. Artinya, pengguna Samsung Galaxy A8 Star harus memilih menggunaka dua kartu SIM bersaaman atau satu SIM dengan microSD.

Satu hal yang patut diperhatikan oleh Samsung kalau orang Indonesia umumnya lebih dual SIM plus stu slot microSD. Lain cerita jika memori internal HP tersebut memiliki kapasitas ratusan GB yang tentunya sudah lebih dari cukup.

3. Tidak Tahan Air

Pada beberapa sektor, Samsung Galaxy A8 Star jelas memiliki peningkatan yang baik jika dibandingkan Samsung Galaxy A8 (2018) maupun Samsung Galaxy A8+. Sayangnya, di sektor satu ini,  Samsung Galaxy A8 Star mengalami penurunan.

Tidak seperti Samsung Galaxy A8 (2018) dan Samsung Galaxy A8+ yang memiliki kemampuan tahan air, HP ini justru hadir tanpa kemampuan tahan air. Memang kalau kena cipratan air, HP ini masih bisa tahan tetapi kalau dibawa berenang tentu saja akan membuat HP ini rusak. Satu kekurangan lain dari HP ini tentunya.

4. Lokasi Sensor Sidik Jari yang Kurang Baik

Samsung Galaxy A8 Star memiliki posisi sensor sidik jari yang tidak biasa. Sensor sidik jari di HP ini tampak terlalu ke atas jika dibandingkan sensor sidik jari HP Samsung lainnya di 2018. Posisi sensor sidik jari yang tinggi juga dikeluhkan oleh ObatGaptek. Tampaknya jika ingin menggunakan HP ini, sebaiknya tangan harus membiasakan dengan posisi sensor sidik jari yang terlalu tinggi.

5. Overpriced

Hal yang disayangkan dari Samsung Galaxy A8 Star terbilang tinggi. Ketika HP ini pertama kali dijual di Indonesia, harga yang ditawarkan adalah Rp7.999.000. Kini di beberapa toko online, HP ini ditawarkan dengan banderol harga yang lebih murah dibanding saat awal yakni kisaran Rp7,2 juta.

Memang ada yang menjual di harga yang lebih murah, yakni Rp 6 jutaan. Hanya saja harga tersebut biasanya untuk HP Samsung Galaxy A8 Star yang tidak mendapatkan jaminan garansi resmi dari SEIN (Samsung Electronics Indonesia) alias HP yang dibawa dari luar negeri.

Oh yah, untuk harga Rp 7 jutaan, sebenarnya masih tergolong mahal. Pasalnya, HP lain dengan spesifikasi serupa ditawarkan dengan harga kisaran Rp 4 jutaan. Ya, memang HP tersebut tidak memiliki fitur NFC tetapi tetap saja banderol harganya cukup mahal.

Simpulan

Samsung Galaxy A8 Star menawarkan banyak kelebihan pada sektor kamera, layar, dan daya tahan baterai. Performa HP ini juga jadi nilai lebih lainnya. Sayangnya, harga HP ini plus tidak adanya sertifikasi tahan air membuat HP ini kurang begitu menarik.

source:carisinyalcom

Advertisement

TRENDING