Terhubung dengan kami
LRT LRT

News

5 Kota Ini Juga Bakal Bangun LRT Seperti Jakarta dan Palembang

diterbitkan

pada

Bagikan Artikel Ini?
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+

Willyodeng.com – Jakarta dan Palembang menjadi dua kota di Indonesia yang pertama kali mempunyai LRT (Light Rail Transit). LRT sendiri merupakan moda transportasi masal perkotaan yang memiliki kontruksi lebih ringan dibandingkan kereta api pada umumnya. Moda transportasi ini bisa beroperasi bersamaan dengan lalu lintas lainnya atau dibuatkan jalur khusus terpisah. Untuk LRT yang membaur dengan lalu lintas lainnya, biasa kita kenal dengan sebutan trem (tram).


Khusus untuk Jakarta dan Palembang, LRT di sana dibuat menggunakan jalur khusus. Jalur tersebut dibangun secara layang (elevated). Kedepannya pemerintah bakal terus mengembangkan LRT di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Di waktu dekat ada 5 kota yang dipersiapkan bakal dibangun LRT setelah Jakarta dan Palembang. Berikut adalah 5 kota tersebut. Yuk simak ulasannya dibawah.

1. Bandung

Ada sejumlah proyek LRT yang direncanakan bakal dibangun di Kota Bandung. Tapi yang paling mungkin terwujud dalam waktu dekat ini adalah proyek Metro Kapsul. Metro Kapsul sendiri merupakan LRT dengan kontruksi yang sangat ringan sehingga bisa dibangun di kawasan yang area jalannnya sempit sekalipun. Menariknya lagi, Metro Kapsul ini merupakan karya anak bangsa lho yang pabriknya sendiri berada di Kota Subang. Rencananya proyek Metro Kapsul ini bakal dimulai pada September 2018.

2. Surabaya

Surabaya mendapatkan status sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Jadi sudah selayaknya kan kota ini menjadi prioritas utama pemerintah setelah Jakarta dan Palembang untuk dibangun LRT. Dalam waktu dekat ini rencananya akan dibangun LRT jenis trem di Kota Surabaya yang jalurnya membaur dengan lalu lintas lainnya. Tahun ini bakal dilakukan lelang untuk proyek trem Surabaya tersebut. Diharapkan di tahun 2019 pembangunan fisiknya sudah bisa dilakukan. Trem Surabaya ini akan menghubungkan kawasan Joyoboyo-Rajawali sepanjang 17 km. 

BACA JUGA:  5 Investor Global Suntik $1 Miliar Dolar ke Grab

3. Medan

Pembangunan fisik LRT Kota Medan rencananya bakal dimulai di tahun 2019 mendatang. Pembangunan LRT tersebut sepaket dengan BRT (Bus Rapid Transit). Jadi nanti BRT bakal disiapkan sebagai feeder atau angkutan penumpang bagi LRT.

4. Batam

Rencana pembangunan LRT di Kota Batam muncul lebih belakangan dibandingkan kota-kota sebelumnya. Kota Batam baru bakal memulai pembangunan LRT pada tahun 2023 mendatang. 

5. Makkasar

Nggak banyak informasi tentang rencana pembangunan LRT di Kota Makassar. Tapi, LRT Makassar ini telah memiliki detail engineering design (DED). Pembangunan fisiknya sendiri direncanakan bakal dimulai di tahun 2019 mendatang.

Advertisement

TRENDING