Terhubung dengan kami

Study

Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

diterbitkan

pada

Bagikan Artikel Ini?
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+

Willyodeng.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa kamu kenal dengan SBMPTN akan segera dimulai lho! Kamu yang sedang duduk di bangku kelas XII SMA atau sederajat pasti sudah mulai deg-deg-ser menyambut tes masuk ke perguruan tinggi negeri ini. Eits, nanti saat kamu sudah kuliah atau malah sudah kerja, momen mempersiapkan SBMPTN ini bakal jadi kenangan tersendiri lho. Masa-masa kamu rajin ikut bimbel, cari info sana-sini, sampai masa kamu galau banget menentukan jurusan kuliah.


Memilih jurusan kuliah sangat penting demi masa depanmu nanti. Jangan sampai kamu salah pilih jurusan saat nanti sudah masuk dunia perkuliahan. Untuk menyambut pendaftaran SBMPTN tanggal 05 April s.d. 27 April 2018 nanti, Willyodeng.com dan BTN mau bantuin kamu milih jurusan kuliah nih. Jawab pertanyaan di bawah ini, biar pas ngerjain soal SBMPTN tanggal 08 Mei 2018 nanti kamu udah nggak bingung lagi soal jurusan. Kuy dicoba~

 

1. Apa yang menjadi minatmu?

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Yang paling pertama perlu kamu pertimbangkan adalah apa yang sebenarnya menjadi minat kamu selama ini? Kenapa minat ini menjadi penting? Karena kuliah itu memakan waktu yang tidak sebentar. Jangan sampai di tengah jalan kamu kehilangan minat kamu dan kemudian berhenti kuliah.

Waktu akan terbuang percuma kalau kamu memutuskan untuk berhenti di tengah jalan hanya karena kehilangan minat terhadap jurusan kuliah. Selain itu tentunya banyak uang juga terbuang dalam proses itu. Karena itu, menentukan minat dan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minatmu adalah salah satu cara menemukan jurusan kuliah yang cocok untukmu yang harus kamu pertimbangkan.

BACA JUGA:  Nggak Cuma Kamu, Para Seleb Ini Juga Ikut UNBK Loh!

 

2. Pertimbangkan hobimu

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Selain minat, kamu juga bisa pertimbangkan hobimu dalam memilih jurusan kuliah kamu. Misalnya saja kamu punya hobi di bidang fotografi, kenapa tidak memilih kuliah di bidang ini? Memperdalam hobi dan menjadikannya profesi.

Baik minat dan hobi ini mengarah pada passion dalam hidupmu. Dan jika kita hidup dalam passion, kita tidak akan merasa terbebani selama menjalaninya.

 

3. Pahami kemampuanmu

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Tentunya, memiliki minat dan hobi (passion) adalah baik. Tapi kita juga harus tahu batasan yang kita miliki. Seberapa kemampuan kita. Ini juga salah satu faktor yang harus dipertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah kita.

Kemampuan ini juga mempengaruhi akan mampukah kita bertahan menjalani 3-4 tahun belajar di kampus sana. Dan kalau kita sendiri tidak mampu, jangan sampai kita terbebani dengan mata kuliah yang kita ambil.

 

4. Pertimbangkan faktor keuangan

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Ada dua hal dalam faktor keuangan ini. Dalam menentukan jurusan kuliah, kita hendaknya memperhatikan juga kemampuan finansial yang dimiliki orang tua. Biaya pendidikan memang tidak murah, karena itu kita juga harus mampu mengidentifikasi apakah jurusan kuliah kita tidak merepotkan orang tua kita atau tidak.

Jika misalnya faktor keuangan ini membuat kamu agak sulit menentukan jurusan kuliah kamu, ada baiknya pertimbangkan juga apakah jurusan pilihanmu menyediakan beasiswa atau tidak. Adanya beasiswa bisa membantu orang tua kamu. Faktor keuangan berikutnya adalah terkait prospek ketika kamu lulus kuliah.

Apakah jurusan kuliah kamu itu memiliki prospek kerja yang baik atau tidak? Kamu juga sudah harus memikirkan pekerjaan ini saat kamu mau kuliah. Karena pada akhirnya, kamu kuliah agar kamu bisa bekerja di tempat impian kamu kan? Kalau dalam situsnya, The Princeton Review bahkan menganjurkan setiap calon mahasiswa memiliki Career Map saat menentukan jurusan kuliah itu.

BACA JUGA:  15 Komentar Anak SMA di IG Kemdikbud Ini Bikin Ngakak Sehabis UNBK

 

5. Perhatikan masukan orang tua

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya menderita. Jadi, kenapa tidak berdiskusi dengan orang tua kita dalam menemukan jurusan kuliah yang cocok, yang tepat untuk kita. Orang tua kita mungkin sudah ada gambaran seperti apa.

Kalau memang bagus dan cocok dengan poin-poin di atas, kenapa tidak kamu pertimbangkan pilihan orang tua kamu itu?

 

6. Diskusi dengan teman atau saudara yang lebih berpengalaman

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Mengajak teman dan saudara atau bahkan tetangga yang sudah memiliki pengalaman terkait jurusan kuliah yang kamu pilih itu baik loh. Kamu bisa mendapatkan gambaran lebih tepat seperti apa jurusan yang kamu ambil, peluang kerja yang bisa kamu dapatkan dan lainnya.

Apalagi dari mereka yang sudah lulus dan bekerja sesuai dengan jurusan kuliahmu. Masukan mereka akan jadi tambahan yang berharga untuk kamu menilai apakah memang jurusan itu cocok atau tidak.

 

7. Selalu siap dengan alternatif

Yuk Cek Dulu Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa, Ikuti 7 Cara Ini Yuk?

Setelah kamu memutuskan jurusan kuliahmu dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, kamu hendaknya juga harus siap dengan alternatif jurusan kuliah lain. Ada kalanya faktor lain – di luar kekuasaan kita bermain peran. Misalnya saja batasan jumlah mahasiswa yang diterima dan lainnya. Kalau kita sudah siap dengan alternatif – termasuk menunda kuliah dan bekerja selama setahun bisa menolongmu.

Nah, itu 7 cara menemukan jurusan kuliah yang cocok untuk kamu. Untuk poin nomor 7 sendiri, saya sangat sarankan untuk disiapkan. Saya sendiri menunda kuliah selama setahun agar mendapatkan beasiswa yang saya inginkan. Semangat berjuang ya, Sahabat Trivia! Kamu juga boleh lho berbagi kegalauanmu di kolom komentar artikel ini. Siapa tahu kita satu sama lain bisa saling bantu, berbagi informasi, dan saling kasih semangat satu sama lain.

Advertisement

TRENDING