6 Ponsel Nokia Lawas yang Paling Bikin Kangen

6 Ponsel Nokia Lawas yang Paling Bikin Kangen

Vendor ponsel asal Finlandia ini sempat merajai pasar ponsel pada 1990-an akhir hingga 2000-an. Terobosan fitur bawaan dan desainnya yang unik, membuat banyak orang ingin membeli ponsel Nokia.



Nggak heran ketika terjadi gempuran smartphone keluaran China, Korea, maupun Amerika Serikat, Nokia yang nyaris tersungkur justru membuat banyak orang bernostalgia.

Mereka mengelu-elukan kelebihan Nokia, mulai dari ketahanan baterai hingga gim seru yang menghiasi masa lalu. Bahkan saking kangennya dengan kedigdayaan Nokia, muncul banyak meme guyonan.



Nah, ternyata dari sekian banyak seri ponsel yang bersistem operasi Symbian tersebut, ada beberapa seri yang begitu dirindukan banyak orang.

Bahkan diharapkan seri-seri ini bisa reborn alias dibuat kembali dengan versi terbaru. Mau tahu seri apa saja? Berikut informasinya sebagaimana disarikan Brilio.net dari berbagai sumber.

1. N-Gage 

Seri Nokia khusus untuk gamer ini memang bikin pencinta game tergila-gila. ponsel mewah yang dirilis pada 2003 lalu itu menjadi eksperimen Nokia bermain di pasar console gamer portable yang lebih dulu dikuasai Nintendo dengan Game Boy-nya.

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, di kisaran 850 mAh hingga 1070 mAh dari Li-on, N-Gage bikin gamer puas ngegame. Meski belum memiliki kamera, N-Gage sudah dibekali jaringan internet untuk berselancar di dunia maya.

Ponsel Nokia Lawas

Keunikan Nokia N-Gage ini, kalau kamu memanfaatkannya untuk telepon, posisi pegang ponsel jadi anti mainstream banget. Hal ini disebabkan speaker dan voice receiver-nya dipindah ke bagian samping. Posisi ponsel seperti mengiris.

2. Nokia Communicator

Nah, kalau seri ini favorit kaum eksekutif muda pada zamannya. Bukan hanya satu jenis, seri Nokia Communicator memiliki banyak model atau edisi, yakni Nokia 9000 Communicator, Nokia 9110 Communicator, Nokia 9210 Communicator, Nokia 9210i Communicator, Nokia 9500 Communicator, Nokia 9300, Nokia 9300i, hingga Nokia E90 Communicator.

BACA JUGA:  Inilah 8 Hal yang Membuat Baterai HP Boros

Seri ini begitu digemari kalangan pekerja kantoran dan pebisnis karena kemampuannya membantu membereskan pekerjaan. Mulai dari browsing hingga berkirim email atau fax. Nggak heran kalau seri high-end ini disebut-sebut laptop mini, terlebih memiliki desain clamshell yang bisa dibuka untuk menampilkan layar LCD dan keyboard QWERTY. Kalau pakai Nokia seri ini, jadi nggak ribet menenteng laptop ke mana-mana, ya.

3. Nokia 3650

Seri ikonik lain adalah Nokia 3650. Bentuknya yang unik, yakni bagian atas membentuk sudut-sudut persegi, sementara bagian bawah melengkung, membuatnya jadi primadona banyak orang. Terlebih Nokia yang diperkenalkan pada 2002 lalu ini sudah dibekali kamera 0.3 MP VGA dan casingnya punya beragam warna, bikin pemiliknya merasa keren kalau mau nongkrong sama teman atau gebetan. Setuju, nggak?

Dengan Nokia 3650, kamu juga sudah bisa berkirim email dan berselancar di dunia maya. Fitur screensaver dan wallpaper-nya bikin kamu bisa mengubah image di Nokia 3650.

4. Nokia 6600

Sejak kemunculannya pada tahun 2003, Nokia 6600 bikin banyak orang terpikat. ponsel ‘gemuk’ ini termasuk ponsel canggih karena sudah memiliki kamera dengan resolusi VGA, mampu merekam video, dan sudah support browser Opera lho. Dengan akses internet ini, kamu bisa download nada dering polyphonic maupun monophonic, berselancar di dunia maya, maupun berkirim email.

Nokia 6600 bisa jadi teman yang memberikan hiburan. Selain menyuguhkan fitur video player, ada MP3 player yang membuatmu bisa menikmati musik kapan pun dan di mana pun. Seri Nokia ini juga sudah memungkinkan kamu ngegame sepuasnya seperti game sport maupun racing.

5. Nokia 5800

Seri Nokia yang dirilis pada 2008 lalu ini memberi sentuhan segar karena sudah menggunakan layar sentuh (touchscreen). Namun untuk fitur call/end dan menu masih tetap berupa tombol tersendiri di bagian bawah.

BACA JUGA:  Inilah 8 Hal yang Membuat Baterai HP Boros

Kerennya, Nokia 5800 ini sudah dibekali selfie camera, jaringan internet 3G, hingga koneksi Wi-Fi. Jadi, bisa dikatakan Nokia 5800 menjadi pertanda transisi ponsel lawas ke smartphone seperti sekarang.

Selain itu, seri ini juga memiliki edisi spesifik, yakni edisi Nokia 5800 XpressMusic (2008) dan Nokia 5800 Navigation (2009). Jika edisi XpressMusic dibuat untuk player multimedia, maka pada edisi Navigation, Nokia memberikan terobosan aplikasi Drive dan Walk Navigation sehingga bermanfaat bagi pemilik saat berkendara.

6. Nokia 3310

Seri Nokia satu ini masih jadul, layarnya monokrom, teksnya berwarna abu-abu, tebal ponsel hingga 22 mm, tak ada ruang penyimpanan, tak punya kamera, apalagi koneksi internet. Namun Nokia 3310 tetap menjadi andalan berkomunikasi banyak orang. Hiburan yang ditawarkan ponsel ini hanya game Snake saja.

Nah, tahun 2017 lalu, Nokia meluncurkan versi baru seri ini. Bodi Nokia 3310 baru lebih tipis yakni dengan ketebalan 12,88 mm, punya kamera 2MP dengan LED flash, didukung memori internal 16 MB yang bisa ditingkatkan dengan dukungan slot MicroSD hingga 32 GB, dual SIM, layarnya kaya resolusi, bisa kirim file lewat bluetooth, dan bisa digunakan mengakses internet lewat browser Opera. Hiburan yang ditawarkan juga lebih beragam. Selain ada fitur browser Opera, juga ada radio FM, MP3 player, dan video player.

Soal daya tahan baterai, Nokia 3310 lawas yang berkapasitas baterai 900mAh diupgrade menjadi 1.200mAh di Nokia 3310 versi terbaru. Dengan begitu, perkiraan waktu siaga (standby) yang semula 55-260 jam menjadi 1 bulan, dan waktu bicara (talk time) dari 4 jam 30 menit menjadi bisa sampai 22 jam. Mantul alias mantab betul, ya?!

Ada beberapa varian warna untuk Nokia 3310 terbaru, yaitu merah batu bata (warm red) dan kuning (yellow) yang lebih glossy, serta biru gelap (dark blue) dan abu-abu (grey) yang matte. Kamu bisa pilih sesuai karakter atau kesukaanmu.

BACA JUGA:  Inilah 8 Hal yang Membuat Baterai HP Boros

So, Nokia seri mana yang jadi favoritmu?