Tips Atasi Bibir Kering dan Mengelupas

Tips Atasi Bibir Kering dan Mengelupas

Bibir yang kering dan pecah-pecah di samping mengganggu penampilan, juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi. Mempunyai bibir yang sehat tentu dapat menunjang penampilan.



Namun, beberapa perempuan tidak jarang mengeluhkan bibirnya yang kering dan pecah-pecah. Memakai lipstik yang bertujuan agar bibir tampak lebih estetis justru dapat menciptakan bibir tampak buruk saat sedang kering dan pecah-pecah, menciptakan wanita tidak cukup percaya diri.

Kulit bibir juga tidak mempunyai pelindung terhadap sinar UV, evolusi temperatur, angin, dan pengaruh AC. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak mempunyai melanin, yakni pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit. Kulit bibir pun tidak mempunyai kelenjar yang bisa menghasilkan pelumas alami guna melembapkan unsur kulitnya.



Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir bisa menjadi kaku dan mulai pecah-pecah. Bibir akan kering saat kehilangan kelembapan sebab terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

Bibir sehat bakal terlihat lebih estetis dan menarik. Untuk membuatnya tetap sehat, bibir pun perlu perawatan. Berikut teknik mengatasi bibir kering dan mengelupas yang kami rangkum dari sekian banyak sumber, Jumat (30/11).

Tips Atasi Bibir Kering dan Mengelupas

Atasi Bibir Kering
Ilustrasi: Bibir Kering

1. Banyak minum air

Cara menanggulangi bibir kering dan mengelupas dengan banyak minum air putih. Ini adalah salah satu teknik paling gampang untuk menciptakan bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat meminimalisir kelembapan bibir sehingga mengakibatkan bibir menjadi kering. Oleh sebab itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, paling tidak 8 gelas dalam sehari.

BACA JUGA:  Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Bergaji Besar tahun 2019

2. Jangan menjilat bibir

Cara menanggulangi bibir kering dan mengelupas ialah jangan menjilat bibir. Kamu sudah tahu kan, bila ternyata menjilat bibir malah akan menciptakan bibir kering bukan justeru melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

3. Memakai lip balm

Cara menanggulangi bibir kering dan mengelupas ialah dengan menggunakan lip balm. Lip balm menciptakan bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang bakal menjadi penghalang untuk menangkal hilangnya kelembaban bibir.

4. Pilih lipstik yang sesuai

Cara menanggulangi bibir kering dan mengelupas lainnya ialah dengan memilih lipstik yang sesuai. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, seringkali cenderung untuk meminimalisir kelembapan bibir sebab alkohol cepat menguap.

5. Gunakan madu sebelum tidur

Cara menanggulangi bibir kering dan mengelupas dengan memakai madu sebelum tidur. Madu merupakan teknik alami guna menghilangkan bibir kering. Sesaat sebelum tidur, oleskan madu tipis-tipis pada bibir dan biarkan sampai pagi.

6. Sering mengerjakan eksfoliasi

Cara menanggulangi bibir kering dan mengelupas dengan rutin mengerjakan eksfoliasi. Untuk mengerjakan hal ini kamu dapat menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Hal tersebut diandalkan dapat mencungkil sel-sel mati pada lokasi bibir.