Tips Lolos SBMPTN 2019 dengan Mudah

Willyodeng.com – SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan tes yang dilakukan untuk dapat masuk ke Universitas yang kita inginkan. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia secara bersamaan. Pendaftarannya antara bulan Mei hingga Juni dan agar kamu bisa Lolos, kamu harus mengikuti Prosedur yang sudah ditetapkan.

Ada juga istilah yang disebut SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) biasanya di peroleh melalui Jalur Undangan. Buat kamu yang sudah mengikuti dan lulus proses seleksi SNMPTN maka tak perlu lagi mengikuti SBMPTN. Proses seleksi dilakukan memalui ujian tertulis yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Untuk kocek atau biaya yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp.200.000 untuk SBMPTN dan SNMPTN bebas biaya alias gratis. Proses sendiri pembayaran harus dilakukan sebelum Ujian berjalan melalui Bank yang sudah di tentukan. Jika hal tersebut tidak kamu lakukan maka bisa dipastikan kamu tidak akan mendapatkan Kartu Peserta Ujian. Nah jika persyaratan sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah berusaha agar dapat Lolos Ujian tersebut.

Tips lolos SBMPTN 2019 dengan Mudah

Pilihlah Jurusan yang Sesuai

Sebelum mengikuti tes harus diperlukan memilih jurusan yang tepat. Pilihlah yang menurut kamu dapat memberikan masa depan yang baik. Dalam artian sesuai dengan skill, dan minat kamu supaya tak menjadi beban dan bisa menyelesaikan Pendidikan dengan baik.

Bangkitkan Semangat dalam Diri

Kamu harus memiliki motivasi yang kuat untuk dapat menghadapi tantangan saat akan mengkuti Tes Soal nantinya. Hilangkan rasa ketakutan dalam diri kamu agar semua kemampuan dapat kamu tampilkan. Yakin dan percaya dengan kemampuan diri kita sendiri.

Susunlah Jadwal belajar yang Baik

Beberapa bulan sebelum mengikuti Tes kamu perlu belajar secara bertahap agar bisa mempelajari semuanya. Susun jadwal kamu sebaik mungkin supaya tak bentrok dengan aktivitas yang lainnya dan bisa fokus saat belajar.

Belajar bersama Teman

Berkumpullah bersama beberapa teman atau sahabat kamu yang ikut seleksi SBMPTN untuk membahas soal bersama-bersaa. Terkadang jika kita mempelajari sendiri sedikit rumit untuk memecahkan atau cara mendapatkan jawaban yang tepat. Jika ada soal Perhitungan kita bisa saling mengerjakan secara bersama-sama.

Mengikut Les Privat

Jika masih ragu untuk belajar sendiri maka kamu bisa mencoba untuk mengikuti bimbingan khusus. Biasanya ada beberapa orang atau lembaga yang sengaja khusus membuka Kursus Les Private tersebut. Pilihlah kelas atau tempat yang di rekomendasikan atau terpercaya dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Istirahat yang Cukup

Dibutuhkan fikiran yang tenang yaitu dengan tidur yang cukup. Usahakan saat siang hari beristirahatlah setidaknya satu jam dan saat malam hari istirahat minimal selama 7 sampai dengan 10 Jam. Jangan berpergian jauh sehingga dapat mempengaruhi kesehatan kamu.

Sharing dengan Senior

Dibutuhkan bimbingan oleh seseorang yang sudah pernah mengikuti Tes SBMPTN sebelumnya. Tujuannya adalah agar dapat memberikan arahan khusus supaya tak salah dalam melakukan tindakan. Selain itu seorang senior juga bisa memberikan bayangan soal soal apa saja yang kira kira ditampilkan nanti.

Memohon Restu Orang Tua

Doa dari Orang Tua sangatlah mujarab karena restu dari merekalah kita bisa lancar melakukan apa saja. Mintalah ijin jauh jauh hari supaya mereka dapat memberikan Motivasi ataupun dana yang kamu perlukan. Dengan begitu mereka tak akan kaget dan dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

Berdoa

Penting untuk tetap Beribadah dan Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semua yang kita lakukan akan sia-sia jika tanpa Pertolongan dan SeijinNya. Mintalah dalam Doa dan percayalah bahwa Dia akan memberikan kamu yang terbaik.

Itulah Tips agar lolos SNMPTN dan SBMPTN dengan mudah. Jika kalian belum bisa berhasil maka mungkin bisa mencoba tetap melanjutkan jenjang pendidikan ke Universitas lainnya. Tetap semangat dan terus belajar yang rajin semoga semua Ujian dan Soal yang disediakan dapat dijawab dengan mudah. Semoga bermanfaat 🙂

Topic:

Just For You