Haram Nggak Sih Sholawatan Pakai Musik Seperti Sabyan Gambus? Begini Penjelasan Ustadz Somad

Haram Nggak Sih Sholawatan Pakai Musik Seperti Sabyan Gambus? Begini Penjelasan Ustadz Somad

Willyodeng.com – Akhir-akhir ini, sebuah grup musik gambus yang bernama Sabyan gambus lagi banyak digandrungi masyarakat. Fenomena ini dibilang nggak biasa ya, karena aliran musik realigi biasanya nggak terlalu menarik perhatian kalangan anak muda.



Tapi sabyan gambus sukses membuat pendengar musik mereka berasal dari anak-anak muda dan remaja, contohnya odeng sendiri nih gaes.

Grup musik ini memang mengusung tema musik realigi kekinian, sabyan gambus mengusung alunan musik lembut dan modern. Suara dari sang vokalis yang sering disapa nissa pun langsung memikat banyak kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa..



Terlebih, nissa sering dapat komentar yang memuji wajah imutnya. pengemasan video klip mereka juga dibuat secara apik dan tertata banget gaes. Nggak heran kalau video yang diunggah di situs berbagi video YouTube udah ditonton sampai puluhan jutaan kali gaes.

Sabyan gambus membawakan lagu-lagu islami seperti gambus dan sholawatan dan mengcovernya pakai gaya kekinian ala sabyan. Akhir-akhir ini seiring viralnya video sholawat ala sabyan gambus, rame juga pembahasan di media sosial haram nggak sih sholawatan pakai musik? yang biasanya pakai alat musik buat puji-pujian adalah kaum nasrani.

Dai kondang ustadz somad ngasih penjelasan terkait hukum haramnya musik. Menurrut hadits yang membahas tentang musik banyak banget, nah kesimpulannya di dalam kitab fiqih yang ditulis sama syekh yusuf qardawi.

“Musik itu sama dengan ucapan kalau musik itu baik maka baik, tapi kalau musik itu nggak baik maka nggak baik juga” jelas ustadz somad.

Berikut videonya lengkapnya:

BACA JUGA:  Belajar Dari Nissa Sabyan, Nagita Slavina Ungkap Keinginan Buat Berhijab