Inilah 7 Stadion Terbesar di Dunia yang Paling Megah Saat Ini

Inilah 7 Stadion Terbesar di Dunia yang Paling Megah Saat Ini

Willyodeng.com – Stadion merupakan venue dalam menyelenggarakan ajang olahraga. Dalam sepak bola, kehadiran stadion menjadi penting sebagai tempat pertandingan sepak bola. Ada banyak stadion besar dan megah di seluruh dunia dengan kapasitas tempat duduk yang banyak. Apa sajakah stadion stadion terbesar di dunia saat ini?



Stadion memang menjadi komponen penting sepak bola modern. Fungsi stadion sepak bola juga menjadi markas atau homebase suatu klub. Fasilitas stadion pun tak hanya soal lapanagan saja, namun juga fasilitas lain seperti tempat duduk penonton, penerangan, papan skor, komunikasi, kesehatan, pers dan media, sarana prasarana umum dan lain-lain.

Stadion dengan jumlah tempat duduk banyak tentu berpotensi menghadirkan lebih banyak penonton. Dukungan dari penonton bagi tim tuan rumah tentu menjadi keuntungan sendiri. Lalu apa sajakah stadion sepak bola terbesar di dunia saat ini dilihat dari kapasitasnya?



Saat ini stadion termegah di dunia ada di Korea Utara yaitu Stadion Rungrado 1 Mei, yang juga menjadi stadion terbesar di Asia. Beberapa stadion sepak bola terkenal seperti Camp Nou (Spanyol) dan Wembley (Inggris) juga masuk peringkat 10 besar stadion paling besar di dunia.

Bagaimana dengan stadion di Indonesia? Saat ini stadion Gelora Bung Karno yang menjadi stadion terbesar di Indonesia hanya menempati peringkat 26 dunia. Padahal beberapa tahun lalu stadion GBK konsisten masuk 10 besar stadion terbesar.

Hal ini dikarenakan adanya renovasi yang dilakukan sehingga kapasitas Stadion Gelora Bung Karno berkurang dari yang awalnya 88 ribu menjadi hanya 76 ribu saja. Maka jangan heran jika di sumber lain ditulis Stadion GBK masuk 10 besar, namun update terbaru menunjukkan fakta bahwa kapasitas Stadion GBK sudah berkurang.

BACA JUGA:  Paspampres Cantik yang Mengawal Pak Jokowi Ini Bikin Kamu Meleleh!

Nah kali ini willyodeng.com bakal mengulas 7 stadion terbesar di dunia versi FIFA, penasaran kan? Yuk simak ulasannya dibawah ini gaes.

1. Rungrado 1st of May Stadium

Stadion terbesar

Stadion Rungrado 1 Mei atau disebut juga Stadion May Day adalah stadion terbesar di dunia yang terletak di wilayah Pyongyang, Korea Utara. Kapasitas tempat duduknya mencapai 114.000, terbanyak di antara stadion besar di dunia lainnya. Stadion ini otomatis juga menjadi stadion terbesar di benua Asia.

Stadion Rungrado 1 Mei ini biasa digunakan oleh timnas Korea Utara dalam menggelar laga uji coba atau kualifikasi Piala Asia dan kualifikasi Piala Dunia. Sebenarnya stadion ini adalah stadion multi-event. Namun kebanyakan memang lebih sering digunakan untuk pertandingan sepak bola.

2. Melbourne Cricket Ground

Stadion terbesar

Melbourne Cricket Ground menjadi stadion terbesar kedua di dunia. Stadion ini terletak di kota Melbourne, Australia. Kapasitas tempat duduknya mencapai 100 ribu lebih penonton. Saat ini stadion ini sering digunakan oleh timnas Australia saat menggelar pertandingan internasional.

Sesuai namanya, stadion ini memang lebih sering digunakan dalam olahraga kriket. Selain itu stadion ini juga pernah digunakan sebagai venue rugby, atletik, tennis dan tentu saja dalam pertandingan sepak bola.

3. Camp Nou Stadium

Stadion terbesar

Stadion Camp Nou (biasa juga disebut Nou Camp) merupakan stadion terbesar di benua Eropa. Stadion ini dimiliki oleh klub Barcelona dari Spanyol. Kapasitas totalnya hampir mencapai 100.000. Stadion ini sangat terkenal serta termasuk salah satu stadion termewah di dunia dilihat dari konstruksinya.

Berbagai pertandingan besar pernah digelar di Camp Nou seperti Piala Dunia 1982 dan final Liga Champions 1999. Camp Nou juga menjadi saksi bisu kesuksesan Barcelona meraih berbagai trofi juara serta aksi pemain bintang Barcelona yang legendaris seperti Lionel Messi, Ronaldinho, Xavi Hernandez dan Pep Guardiola.

BACA JUGA:  Inilah 5 Desa Paling Aneh dan Unik Di Dunia

4. Soccer City Stadium

Stadion terbesar

Stadion Soccer City menjadi stadion sepak bola terbesar keempat di dunia. Stadion ini kini lebih dikenal dengan nama FNB Stadium karena alasan sponsor. Lokasinya ada di kota Johannesburg, Afrika Selatan dan kapasitas tempat duduknya adalah 94.736.

Stadion ini pertama dibangun tahun 1989 dan digunakan untuk
menyelenggarakan Piala Dunia 2010. Kini stadion ini digunakan oleh timnas Afrika Selatan dan tim lokal Kaizer Chiefs FC.

5. Rose Bowl Stadium

Stadion terbesar

Stadion Rose Bowl menjadi stadion terbesar di Amerika dan salah satu yang termegah di dunia dengan total kapasitas 92.542 penonton. Stadion ini sebenarnya adalah stadion atletik dan biasa digunakan pada cabang olahraga lain termasuk juga american football dan sepak bola.

Saat ini tidak ada tim sepak bola yang menempatinya. Jarang juga pertandingan sepak bola digelar disini. Meski begitu Rose Bowl stadium pernah menjadi venue final Piala Dunia 1994 dan final Olimpiade 1984.

6. Wembley Stadium

Stadion terbesar

Stadion Wembley menjadi stadion terbesar di Inggris. Kapasitasnya mencapai 90.000 tempat duduk. Stadion Wembley yang sekarang pertama diresmikan tahun 2007 setelah dilakukan renovasi pada Stadion Wembley yang lama. Tak heran jika banyak orang menyebut stadion ini sebagai New Wembley.

Stadion ini menjadi salah satu stadion terindah di dunia dengan ciri khas dengan konstruksi atap yang keren. Wembley digunakan oleh timnas Inggris dalam melakukan pertandingan internasional. Selain itu final Piala FA, final Piala Liga dan play-off Championship juga digelar di Wembley stadium.

7. Bukit Jalil National Stadium

Stadion terbesar

Dengan kapasitas sebesar 89.411 penonton, Stadion Nasional Bukit Jalil menjadi stadion terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di Asia. Lokasinya ada di National Sports Complex di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat ini stadion ini digunakan oleh klub Selangor FA dan timnas Malaysia.

BACA JUGA:  Pasangan ini keliling China pakai mobil angkot, ini 9 foto kerennya

Diresmikan pertama kali tahun 1996, stadion ini beberapa kali menggelar pertandingan penting seperti Commonwealth Games, AFF Cup, SEA Games dan final Malaysia Cup tiap tahunnya.