Terhubung dengan kami
perang badar perang badar

WOW!

Lima Kejadian Besar Bersejarah di Bulan Ramadhan, Ente Harus Tau!

diterbitkan

pada

Bagikan Artikel Ini?
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+

Willyodeng.com – Gak kerasa ya gaes, besok udah masuk Bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Banyak banget kejadian penting yang terjadi pada bulan Ramadhan ini. Jadi Jangan pernah berpikir bulan pusa adalah momen nyantai-nyantai ya. Sebaliknya, kejadian-kejadian besar yang terjadi di bulan Ramadhan ini adalah kejadian-kejadian yang senantiasa menguji fisik saat puasa, ruhani, dan emosi kita. Tentu dong ya, kita sudah sering banget mendengar dan melihat banyak peristiwa penting terjadi di bulan suci ini, apa aja tuh gaes? simak yuk!


1. Perang Badar

perang badar

Perang Badar adalah perperangan besar pertama antara umat Islam yang melawan musuh-musuhnya. Perang ini terjadi pada 13 Maret 624 Masehi, atau 17 Ramadan 2 Hijriah. Pasukan kecil umat Muslim yang berjumlah hanya 313 orang bertempur melawan pasukan Quraisy dari Makkah yang berjumlah 1.000 orang lebih. Setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, pasukan Muslim meratakan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.

2. Bulan Diturunkannya Al Quran

turunnya al quran

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Alquran: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS Al Baqarah: 185)

3. Direbutnya Garis Bar Lev, Israel

garis bar lev

Perang Yom Kippur, yang juga dikenal sebagai perang Arab-Israel 1973, Perang Oktober, dan Perang Ramadan. Ini adalah bagian dari konflik Arab-Israel sejak tahun 1948. Pada bulan Juni 1967, terjadi perang 6 hari antara Israel dengan Mesir, Syria dan Yordania. Dalam sejarah modern, terjadi Perang Yom Kippur yang melibatkan tentara Muslim (Mesir dan Syria) dengan tentara Israel pada 10 Ramadan 1390 H bertepatan dengan 6 0ktober sampai 22 atau 24 Oktober 1973 M.

BACA JUGA:  Jangan Hilangkan Kebiasaan Jorok Ini Karena Bisa Menyehatkan!

4. Pembebasan Makkah (Fathu Makkah)

pembebasan mekah

Kholid bin Walid Beliau masuk Islam setelah perjanjian Hudaibiyah pada tahun 7 H.Umar bin Khatab RA memimpin sholat jenazah Beliau lalu dimakamkan di Hims dan ada pula yang mengatakan di Madinah. Peristiwa Fathul Makkah adalah sebuah peristiwa di mana akhirnya Nabi Muhammad dan para sahabat berhasil menguasai Makkah dan meluluhlantakkan berhala-berhala di sekitarnya, sehingga Ka’bah kembali suci.

5. Islam Masuk Ke Yaman

islam masuk yaman

Dalam periode satu hari, mereka semua memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun ke-10 hijrah. Yaman terletak di selatan semenanjung tanah Arab. Nabi Muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk Yaman khususnya suku Hamdan.

Luar biasa dengan apa yang terjadi pada bulan suci dan penuh dengan keberkahan tersebut terjadi banyak kejadian yang menjadi sejarah bagi umat Muslim di dunia ini. Maha Suci Allah dengan Segala Kemampuan-Nya.

Advertisement

TRENDING